Senin, 15 September 2008

26. PETA DUNIA

Peta Dunia yang kita lihat sampai saat ini masih sama dengan yang pertama kami saya waktu masih di SR. terbetang bagai kertas dimana Benua Asia ada ditengah2 dan kepulauan Nusantara persis ditengah. Kemudian pelajaran waktu itu mengatakan bahwa Indonesia diapit oleh dua benua besar, dua lautan besar. Kalau kita hanya melihat peta itu, maka terbayang, kalau orang Inggris mau ke New York maka jaraknya akan jauh sekali karena harus melewati benua asia. Padahal kalau kita melihat peta dari sisi lain jarak antara London ke New York tidak selebar bentangan yang kita lihat di peta selama ini. Kalau kita melihat benda yang bundar seperti bola, maka yang terlihat adalah separo yang dekat dengan pandangan kita, sedangkan yang separo jauh dari pandangan kita tidak akat terlihat. Kalau pakai konsep ini maka kita tidak akan bisa melihat seluruh dunia hanya dalam satu tampilan. Sekali waktu saya pernah melihat gambar peta dunia, yang terlihat adalah benua Eropa dan Benua Amerika darat asia dan Australia tidak kelihatan sama sekali. Jadi ada baiknya juga dalam pembelajaran, waktu menampilkan peta harus bisa dilihat dari beberapa sisi, sehingga teori yang mengatakan bumi itu bundar sepeti bola bisa lebih mudah dipahami.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Jaman sudah demikian modern. Alat peraga, multi media demikian maju sehingga pak guru lebih mudah menerangkan ilmu jagad raya ini. Beruntunglah anak2 jaman sekarang sarana dan prasarana untuk belajar sudah melimpah tidak seperti jadul...........

Pursito mengatakan...

Dengan keterbatasan alat peraga, anak jadul, terlatih untuk menghafal peta bumi, sehingga dengan melihat bentuk pulau akan dengan mudah mengenali nama pulau tersebut.

paromo suko mengatakan...

20% rapbn utk pendidikan
kira-kira bisa nambah pinter anak-anak apa malah nambah posing ya?

Pursito mengatakan...

Ya kita serahkan saja, semoga usahanya ada hasilnya, itu kalau yg 20% betul2 ditujukan kepada kesiapan anak didik, kalau larinya ke kesejahteraan guru semata, ya tidak menjamin.