Senin, 20 Juli 2009

39. PEMILU

Pemilu di Indonesia dibagi dalam 3 phase, phase 1, pemilu jaman orla, phase2 pemilu jaman Orba dan phase 3 pemilu jaman reformasi. Pemilu jaman orla konon katanya paling demokratis, diikuti oleh banyak pastai, tapi saya belum menangi.
Pemilu jaman orba, satu kali diikuti oleh banyak partai dan selanjutnya diikuti oleh dua partai politik dan satu golongan karya. Saya tidak tahu persis, kenapa waktu itu pakai istilah dua partai politik dan satu golongan karya, subtansinya tetap tiga partai, karena cuma namanya saja tidak pakai istilah partai, melainkan dengan istilah golongan, tetapi praktek dan perilakukannya tidak ada bedanya dengan partai politik. Dua partai politik jaman orba sudah dikebiri, jadi tidak bakal bisa mendapat suara yang berarti, tujuannya memang hanya sekedar sebagai pelengkap demokrasi. Seiring bangkitnya kebebasan, pada jaman reformasi ini, PEMILU selalu diikuti oleh puluhan partai, tetapi partai besarnya tetap hanya tiga, selebihnya sebagai penggembira saja. Timbul pertanyaan, kenapa orang sedemikian bernapsu untuk mendirikan partai politik, padahal partai politi yang didirikan oleh orang kurang terkenal, umumnya hanya bisa menjadi peserta, sedangkan hasilnya? nggak ada apa-apanya.
Seperti biasa, selama masa kampanye, para kandidat baik Caleg maupun Capres, saling mengkritik dan saling mengumbar janji. Seperti yang baru lalu, partai opsisi mengkritik partai pemerintah, sedangkan partai pemerintah sibuk membalas. Kemudian mereka saling mengumbar janji, kalau terpilih akan begini dan begitu, seolah-olah berlebihan atau memang berlebihan, dipihak yang lain mengatakan bahwa banyak janji yang tidak masuk diakal. Sebetulnya sangat beruntung kalau akan yang mau mengobral janji karena dengan demikian, nanti kalau betul2 terpilih, para pemilih dapat menagih janji. Karena kalau tidak berjanji, artinya kalau terpilih tidak ada yang bisa ditagih. Terus bagaimana dong???. ya sudah kita tunggu saja hasilnya, siapa yang mendapat kesempatan untuk membuktikan janjinya waktu kampanye.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Para pecinta Purworejo, mari ubah blog anda menjadi http://subdomain-anda.purworejo.asia, Gratis!
Caranya?
lihat di www.purworejo.asia