Selasa, 03 Maret 2009

36. JELANG PEMILU

Hari2 belakangan ini hampir diseluruh pelosok tanah air lagi marak menyambut pemilu 2009. Bendera parpol terpasang dimana, gambar2 caleg terpampang disiap sisi jalan. Saking banyaknya gambar2 tersebut susah untuk mengamati dengan cermat. Yang diuntungkan pabrik tekstil dan pabrik kertas karena omsetnya pasti naik dengan significant.
Melihat begitu banyak gambar2 partai maupun gambar Caleg, terus terang saya jadi bingung. Kata orang kalalu bingung suruh jongkok, tetapi tetap saja bingung bagaimana tidak. Orangnya hampir 100 % tidak saya kenal, janjinya semua baik, terus mau pilih yang bagaimana ? mosok mau dipilih semua, atau sebaliknya tidak dipilih semua.
Saya salut kepada para caleg, karena punya keberanian untuk maju sebagai calon wakil rakyat. Persoalannya tidak berhenti disitu, seberapa jauh punya kemampuan untuk memikirkan rakyat yang memilihnya.
Walaupun demikian, saya terus berdoa kepada yang terpilih jangan lupa janjinya, kepada yang tidak terpilih sabar, tunggu pemilu berikutnya.
Menurut pendapat saya sebaiknya sih jumlah partai tidak perlu sebanyak itu, karena biaya pemilu jadi membengkak, sementara disana sini masih banyak rakyat yang miskin. Ini baru pemilu Legislatif dan DPD, bagaimana nanti kalau pemilu Presiden, pakai diulang lagi, katanya biar ada yang mencapai 51% suara.
Dalam pemilu demikian dana yang berputar besar sekali jumlahnya baik yang dikeluarkan oleh Pemerintah, oleh Partai maupun oleh Para Caleg.
Pesan saya kalau sudah terpilih jangan cari pulihan.

2 komentar:

Mbah Suro mengatakan...

- Jujur saja sampai hari ini saya belum punya pilihan partai maupun caleg.

- Kasihan bagi Caleg yang tidak dapat suara bakalan stres.

Anonim mengatakan...

Terima kasih Mbah Suro, saya kira juga ikut Nyaleg.
Banyak Caleg dadakan, yang barangkali tidak bisa ngukur kemampuan sendiri, bayangannya kalau sudah jadi. Biasanya terus lupa janjinya.